Penyebab AC Bau Tak Sedap Dan Cara Mengatasinya

Posted by

Hasil gambar untuk ac
Pernahkah anda mencium bau tak sedap padahal anda sedang menyalakan AC di kamar atau ruangan anda? Nah, kali ini Haka Polar akan berbagi informasi dan tips seputar penyebab AC bau tak sedap dan cara kita mengatasinya. Karena tidak sedikit juga beberapa konsumen AC mengeluhkan aliran udara pada AC yang tiba-tiba berbau tak sedap.
Sebetulnya banyak sekali penyebab yang dapat menimbulkan bau pada aliran udara AC tapi kali ini Haka Polar akan memberikan informasi penyebab yang sering terjadi dari para konsumen AC setelah di cek oleh teknisi Air Conditioner. Berikut ini penyebab AC bau dan cara kita mengatasinya.

Penyebab AC Bau

1. Dikarenakan Debu.
Debu yang dimaksud adalah debu yang menempel pada filter AC unit indoor anda. Selain pada filter, debu juga terkadang menempel pada evaporator AC dan itulah yang menyebabkan aliran AC jadi bau.
2. Ruangan Lembab.
Ruangan anda terlalu lembab merupakan salah satu yang dapat menyebabkan udara yang dihasilkan AC menjadi bau. Ruangan lembab ini juga dikarenakan ventilasi ruangan tertutup penuh dan ruangan atau kamar anda jarang terbuka pintu atau jendelanya.
3. Pengharum Ruangan,
Loh kok pengharum ruangan bisa membuat udara pada AC jadi bau? Ya bisa saja jika pengharum ruangan anda sudah lama tidak diganti atau sudah lewat masa kadaluarsanya. Otomatis pengharum ruangan pun akan berbau apek dan berbau tidak sedap.
4. Pengaruh Dari Blower Indoor.
Mungkin saja blower indoor menghisap bau tak sedap yang berada di luar ruangan baik itu sampah atau ada bangkai hewan.

Mengatasi AC Bau

1. Bersihkan debu yang menempel pada filter AC atau pada evaporator AC split anda. Biasakan untuk memberikan jadwal tetap minimal sebulan sekali untuk membersihkan filter AC dari debu, karena selain bau tentu saja udara yang dihasilkan tidak sehat untuk anda.
2. Ruangan yang lembab dapat anda minimalisir dengan membuka ventilasi ruangan seperti pintu atau jendela setiap pagi disaat udara di luar masih terasa sejuk. Anda juga bisa menggunakan mode auto atau dry pada AC untuk meminimalisir kelembaban yang berlebih pada ruangan anda.
3. Ganti pengharum ruangan anda secara rutin, dan cek selalu masa kadaluarsa pengharum ruangan yang anda pasang di ruangan atau kamar anda. Anda juga bisa menggunakan pengharum ruangan yang memiliki wangi aroma terapi supaya ruangan anda tetap wangi dan segar.
4. Cek pada blower indoor AC split anda, apakah ada bangkai hewan seperti cicak atau serangga yang berada di sekitar blower indoor AC anda. Atau anda bisa cek keluar ruangan yang bersebelahan dengan AC indoor yang anda pasang. Kemungkinan ada bangkai hewan ataupun terdapat sampah yang lupa diangkut oleh petugas kebersihan.
Untuk mengatasi terjadinya bau pada saat AC dinyalakan, cukup dengan membeli AC split yang dapat menghilangkan bau, bakteri dan virus di udara seperti AC Panasonic split inverter (Aero Series) yang memiliki teknologi Nanoe-G yang dapat membunuh bakteri dan virus serta dapat meminimalisir bau tak sedap yang berada di sekitar ruangan anda.
Demikianlah yang dapat Haka Polar sampaikan mengenai penyebab AC bau tak sedap dan cara mengatasinya.  Semoga dapat membantu anda yang sedang terkendala hal tersebut. Beritahukan informasi ini jika bermanfaat ke kerabat atau saudara anda yang mengalami hal serupa.


Blog, Updated at: 15.56
Diberdayakan oleh Blogger.