Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Dari Bau Tak Sedap

Posted by

Hasil gambar untuk kulkas
Kulkas atau lemari pendingin adalah salah satu perabot dapur yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dibersihkan secara rutin. Hal ini tentu saja karena kulkas adalah tempat menyimpan berbagai jenis bahan makanan. Sehingga, tentu lemari pendingin akan mengeluarkan bau yang tidak sedap bila jarang dibersihkan. 
Sayangnya, fakta di lapangan menunjukkan bahwa tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara membersihkan kulkas yang benar dan baik. Kebanyakan orang akan membersihkan ala kadarnya begitu saja. Banyak yang menggunakan pembersih seadanya tanpa mempertimbangkan faktor higienis atau tidaknya kulkas setelah dibersihkan dengan cairan kimia tertentu. Tidak sedikit cairan pembersih yang akhirnya justru menjadi racun di permukaan kulkas. Racun-racun tersebut pada akhirnya bersentuhan dengan makanan yang disimpan di dalam kulkas. Akhirnya, masalah keracunan bisa saja terjadi bagi penghuni rumah. 
Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara membersihkan kulkas yang paling tepat. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa cairan pembersih yang Anda gunakan benar-benar aman untuk membersihkan. Salah satu cairan pembersih yang ampuh untuk membunuh kuman, membersihkan kotoran, namun tetap aman untuk manusia adalah Sunlight Plus Anti Bau. Ya, selain aman, pembersih yang satu ini punya keistimewaan mampu mengatasi untuk bau tak sedap! Yuk, simak cara terbaik untuk menggunakannya! 

Bahan-Bahan Untuk Membersihkan Kulkas

Bahan-Bahan Untuk Membersihkan Kulkas
Sebelum mulai membersihkan kulkas, siap terlebih dulu bahan-bahan yang diperlukan berikut ini :
  • Sunlight Plus Anti Bau
  • Sarung tangan pencuci piring
  • Lap basah
  • Lap/handuk kering yang bersih
  • Sikat gigi bekas/spons non-abrasif
  • Kain lembut non-abrasif
  • Alat semprotan
  • Air panas

Cara Membersihkan Kulkas

Cara Membersihkan Kulkas
Setelah semua bahan tersedia, kini Anda pun siap membersihkan lemari pendingin Anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Cabut stop kontak sebelum Anda membersihkan kulkas. Selain untuk menghindari pembuangan energi, mencabut stop kontak akan menghindari risiko tersetrum saat Anda membersihkan perabot satu ini.
  • Kosongkan isi kulkas. Selama mengeluarkan bahan makanan dari kulkas, jangan lupa juga untuk memilahnya. Buang bahan makanan yang sudah kedaluwarsa. Bahan pangan yang masih baik dapat Anda simpan sementaran dalam es agar tetap aman dan dingin selama Anda membersihkan kulkas.
  • Lepaskan seluruh rak dan laci. Gunakan sarung tangan pencuci piring untuk menghindari licin pada tangan sehingga membantu mencegah kaca terlepas dari genggaman dan pecah.
  • Kemudian, cuci semua rak dan laci kulkas di wastafel. Namun bila terlalu berat dan besar untuk dicuci di wastafel dapur Anda, Anda dapat melakukannya di bak mandi. Laci dan rak yang terbuat dari plastik dapat dicuci dengan air panas dan sabun cair pencuci piring Sunlight Plus Anti Bau . Namun, laci dan rak kulkas berbahan kaca perlu didiamkan terlebih dulu pada suhu kamar sebelum dicuci dengan air panas untuk mencegah retak. Kemudian, bilas dan keringkan dengan lap atau handuk bersih.
  • Buat larutan pembersih dengan mencampurkan air panas dan sabun cair pencuci piring Sunlight Plus Anti Bau, lalu masukkan ke dalam semprotan. Lanjutkan dengan membersihkan interior kulkas. Mulailah membersihkan seluruh dinding bagian dalam kulkas dengan menyemprotnya menggunakan larutan pembersih. Lakukan pembersihan dari atas ke bawah untuk mencegah tetesan pada permukaan yang sudah bersih.
  • Bersihkan pula penyangga rak dan laci kulkas, serta segel karet pada pintu. Gunakan sikat gigi bekas atau spons non-abrasif untuk membersihkan kotoran dari celah-celah.
  • Lalu, bilas seluruh permukaan kulkas bagian dalam dengan lap basah yang bersih, dan keringkan dengan lap atau handuk kering
  • Setelah bagian dalam kulkas bersih, saatnya membersihkan bagian luarnya. Lakukan pembersihan mulai dari atas dengan menggunakan campuran air dan sabun cair cuci piring. Jika Anda memiliki lemari berbahan es stainless steel, Anda harus menggunakan kain lembut non-abrasif untuk membersihkannya.
  • Lalu, bilas seluruh permukaan kulkas bagian luar dengan lap basah yang bersih, dan keringkan dengan lap atau handuk kering.
Setelah selesai membersihkan seluruh bagian dalam dan luar kulkas, Anda dapat kembali memasukan isi kulkas mulai dari rak dan laci. Lalu, letakkan makanan kembali ke dalam kulkas. Sambil mengembalikan isi kulkas, bersihkan juga toples, botol, dan wadah-wadah yang Anda gunakan untuk menyimpan makanan dengan kain bersih. Dan, jangan lupa untuk memasang kembali stop kontak. Kulkas Anda pun bersih kembali dan bebas bau tak sedap.

Tips Tambahan Agar Kulkas Tidak Cepat Berbau

Tips Tambahan Agar Kulkas Tidak Cepat Berbau
Setelah selesai membersihkan seluruh bagian dalam dan luar kulkas, Anda dapat kembali memasukan isi kulkas mulai dari rak dan laci. Lalu, letakkan makanan kembali ke dalam kulkas. Sambil mengembalikan isi kulkas, bersihkan juga toples, botol, dan wadah-wadah yang Anda gunakan untuk menyimpan makanan dengan kain bersih. Dan, jangan lupa untuk memasang kembali stop kontak. Kulkas Anda pun bersih kembali dan bebas bau tak sedap. 

#1 Letakkan Air Perasan Lemon

Lemon memiliki aroma yang kuat dan segar., demikian juga air perasannya. Hal ini menguntungkan Anda karena Anda dapat menggunakan air perasan lemon untuk mengurai bau yang ada di dalam kulkas. Letakkan saja air perasan lemon tersebut di sebuah wadah yang terbuka. Tak seberapa lama, aroma lemon yang kuat dan segar akan memenuhi seisi kulkas dan menghilangkan bau tak sedap. 

#2 Letakkan Tisu Gulung

Tak banyak yang tahu jika tisu gulung mampu menyaring partikel-partikel bau tak sedap. Hanya dengan meletakkan setumpuk tisu gulung di sudut kulkas, bau tak sedap bakal hilang secara perlahan. Ya, partikel bau tak sedap itu terperangkap di antara lembaran-lembaran tisu gulung tersebut. Satu hal yang perlu diingat: jangan sampai tisu gulung menjadi basah mengingat kulkas bisa jadi mengandung air karena bahan yang ada di dalamnya. Jadi, letakkan tisu gulung di bagian sudut yang tak terkena air. 

#3 Letakkan Bubuk Kopi

Kalau yang satu ini, sudah banyak yang tahu bahwa bubuk kopi bisa menghilangkan bau tak sedap. Hanya saja, tak banyak yang mempraktekkannya untuk diletakkan di kulkas. Nah, Anda bisa melakukannya untuk mengatasi bau tak sedap di kulkas Anda. Reputasi bubuk kopi untuk menyerap bau tidak bisa diremehkan. Agar hasilnya maksimal, bubuk kopi perlu diganti kurang lebih setiap dua minggu sekali. Hal ini bertujuan agar kemampuan serap bubuk kopi tidak berkurang, serta membuang partikel bau tak sedap yang ada di bubuk kopi yang lama. 

Masalah bau kulkas memang tak bisa dihindari. Dengan cara membersihkan kulkas yang biasa saja, tentu tak mampu mengatasinya. Namun jika Anda mengikuti panduan cara membersihkan kulkas di atas, lengkap dengan penggunaan Sunlight Plus Anti Bau, niscaya kulkas Anda akan selalu terpelihara kebersihannya, juga bebas dari bau tak sedap! Selamat mencoba!  


Blog, Updated at: 15.07
Diberdayakan oleh Blogger.