7 Tips Kulkas Lebih Hemat Listrik

Posted by

Sebagai perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan dan menjaga kesegaran makanan, kulkas harus beroperasi selama 24 jam penuh setiap harinya. Kulkas pun jarang dimatikan kecuali saat hendak dibersihkan. Oleh karena itu, kulkas menjadi salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang paling banyak mengonsumsi energi listrik. Konsumsi listrik inilah yang sering membuat tagihan listrik per bulan menjadi lebih besar.
Akan tetapi, sebenarnya ada cara untuk membuat kulkas lebih hemat dalam hal mengonsumsi daya listrik. Anda perlu membiasakan beberapa hal ini agar tagihan listrik bulanan tidak membengkak akibat penggunaan kulkas. Dihimpun dari Kompas, berikut adalah tips agar kulkas Anda lebih hemat listrik.
Tips Agar Kulkas Lebih Hemat Listrik
1. Memberi Jarak antara Kulkas dengan Dinding dan Sekitarnya
Kebiasaan%20yang%20Dapat%20Membuat%20Kulkas%20Lebih%20Hemat%20Listrik%201.jpg
Sumber image : healthynfreshlife.wordpress.com
Kulkas memerlukan jarak minimal 10-15 cm dengan dinding dan sekitar 30 cm dengan langit-langit. Tujuannya agar tidak menjadi cepat panas dan beban kerjanya menjadi lebih ringan, sehingga energi yang diperlukan untuk beroperasi tidak terlalu banyak.
2. Mengisi Kulkas Sesuai Kapasitas
Kebiasaan%20yang%20Dapat%20Membuat%20Kulkas%20Lebih%20Hemat%20Listrik%202.jpg
Sumber image : morningteasite.wordpress.com
Isi kulkas sesuai kapasitasnya dan hindari mengisi kulkas hingga terlalu penuh. Kulkas yang terlalu penuh akan membuat bahan makanan yang disiman di dalamnya tidak dingin. Udara dingin di dalam kulkas memerlukan sedikit ruang lega untuk keperluan sirkulasi udara.
3. Tutup Rapat Pintu Kulkas
Kebiasaan%20yang%20Dapat%20Membuat%20Kulkas%20Lebih%20Hemat%20Listrik%203.jpg
Sumber image : www.rumahku.com
Pintu kulkas harus ditutup secara rapat karena hal tersebut akan membuat kulkas mencapai suhu dingin lebih cepat. Ingat pula untuk tidak terlalu sering membuka dan menutup pintu kulkas. Lampu kulkas yang menyala akan menghabiskan energi. Juga jangan terlalu lama membuka pintu kulkas. Jika hal ini dapat dibiasakan, kulkas akan lebih hemat listrik dan memungkinkan kulkas tahan lebih lama.
4. Atur Suhu Seperlunya
Kebiasaan%20yang%20Dapat%20Membuat%20Kulkas%20Lebih%20Hemat%20Listrik%204.jpg
Sumber image : site.tupperware.co.id
Atur suhu kulkas sesuai kebutuhan. Hindari mengatur suhu kulkas pada titik terendah. Pengaturan suhu pada titik terendah dapat menambah berat kinerja kulkas sehingga menjadikan konsumsi energi listrik menjadi lebih banyak.
5. Hindari Menyimpan Makanan atau Minuman Panas
Kebiasaan%20yang%20Dapat%20Membuat%20Kulkas%20Lebih%20Hemat%20Listrik%205.jpg
Sumber image : hellosehat.com
Jangan langsung menyimpan makanan dan minuman panas ke dalam kulkas. Lebih baik tunggu hingga dingin terlebih dahulu baru memasukkannya ke kulkas. Menyimpan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas dapat memengaruhi suhu  dalam kulkas sehingga kinerja kulkas dalam proses pendinginan semakin berat dan membutuhkan banyak energi listrik.
6. Bersihkan Kulkas Secara Teratur
Kebiasaan%20yang%20Dapat%20Membuat%20Kulkas%20Lebih%20Hemat%20Listrik%206.jpg
Sumber image : kaltim.tribunnews.com
Membersihkan kulkas secara teratur selain menghindarkan kulkas dari kotoran dan bau tidak sedap, juga dapat menghemat konsumsi listrik. Debu dan kotoran lainnya dapat menyumbat saluran pembuangan dan udara sehingga mengakibatkan mesin harus bekerja lebih keras. Jika sudah demikian, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak. Belum lagi jika kulkas mengalami kerusakan dan harus ada biaya tambahan untuk memperbaikinya.
7. Matikan Kulkas Pada Saat Tertentu
Kebiasaan%20yang%20Dapat%20Membuat%20Kulkas%20Lebih%20Hemat%20Listrik%207.jpg
Sumber image : lifehacker.com
Matikan kulkas saat hendak ditinggal bepergian jauh selama beberapa waktu. Agar tidak bau, buka sedikit pintu kulkas selama dimatikan.
Itulah 7 tips merawat kulkas agar lebih hemat listrik. Mudah bukan? Anda pun hanya perlu membiasakannya di rumah dan menularkan kepada seluruh anggota keluarga agar dapat menghemat pengeluaran listrik bulanan. Kebiasaan baik ini juga mempunyai dampak positif lainnya, yaitu membuat pemakaian kulkas dapat bertahan lebih lama hingga tahunan.


Blog, Updated at: 07.52
Diberdayakan oleh Blogger.