Cara Memperbaiki Dinamo Pompa Air yang Tidak Bisa Berputar

Posted by

Pada kesempatan kali ini admin menambahkan tentang perbaikan pompa air dengan foto atau gambar secara detail, dan kebetulan gejala kerusakannya adalah dinamo pompa air tidak bisa berputar, tidak ada dengung namun jika di hubungkan ke arus listrik ada percikan api yang menunjukkan bahwa adanya arus yang mengalir ke mesin pompa air.

Proses reparasi pompa air ini sebelumnya admin lakukan saat kemarin diminta memperbaiki pompa air ditempat tetangga. Berikut adalah langkah-langkah memperbaiki pompa air / sanyo.

Menanyakan kepada pemiliknya mengenai kerusakan
Menurut si empunya pompa air tidak nyala sama sekali atau bisa dibilang tidak bunyi maupun berputar padahal sudah dicolokkan ke arus listrik. Selain itu ada bau terbakar didaerah dekat pompa air. 

Mengambil pompa air dari tempatnya
Setelah dapat petunjuk dari pemilik akhirnya pompa air langsung admin ambil saja dari sumurnya, kebetulan pompa airnya merk sanyo dan berada didalam sumur. Nah inilah kegiatan yang butuh tenaga ekstra, yaitu mengambil mesin pompa air didalam sumur. Mengenai caranya mungkin tidak perlu dijelaskan lebih dalam ya. Tinggal potong kabel terus copot kedua pipa paralon, yaitu untuk penghisap dan mengeluarkan air.

Identifikasi kerusakan dan memperbaikinya
Setelah pompa air diambil selanjutnya adalah mengidentifikasi alias mencari kerusakan yang terjadi. Berikut adalah langkah yang admin lakukan.

Bongkar penutup kapasitor pompa air kemudian kita cek secara fisik bodi kapasitor apakah membengkak atau rusak. Kebetulan tidak ada cacat dibodinya, jadi saya anggap saja mungkin masih bagus.
kipas pompa air
Membongkar bagian kipas, Biasanya ada 3 buah baut yang menguncinya. Setelah dibuka saya putar saja kipasnya ternyata seret dan tidak mau berputar sama sekali. 

dinamo mesin pompa air
Membongkar bagian impeler, biasanya juga ada 3 buah baut pengunci ukuran 12. Setelah dibuka saya putar - putar masih belum juga bisa.
impeler pompa air
Membongkar bagian spul / gulungan mesin dinamo pompa air. Setelah dibongkar ternyata memang didalamnya klahar terlihat berkarat begitu juga as dinamo. Akhirnya saya beri saja minyak pelicin pada bagian klahar dan as kemudian diputar - putar lagi ternyata sudah bisa berputar.
spul dan klahar pompa air
Menutup kembali dan Mencobanya. Langkah selanjutnya adalah menutup kembali penutup dinamo lalu dicoba dengan menghubungkan ke arus listrik. Hasilnya mesin pompa air bisa berputar kembali.
memperbaiki pompa air

Dari langkah diatas sebenarnya hanyalah sekedar ilustrasi hasil perbaikan pada pompa air kemarin. Hal tersebut bisa saja berbeda dengan yang Anda alami. Karena macetnya dinamo pompa air bisa saja disebabkan oleh beberapa hal berikut:
  • Impeler kotor atau lengket
  • Kapasitor Rusak (biasanya ukuran 8uF - 12uF/ 400V)
  • Ada kotoran di As dinamo atau ada yang berkarat.
  • Klahar macet (Jika parah sebaiknya diganti)
  • Putusnya Jalur atau Gulungan/ Spul dinamo pompa air.
  • Konslet pada Gulungan/ spul dinamo pompa air.
Jadi dalam menangani pompa air tidak bisa berputar meski arus sudah masuk bisa kita lakukan dengan tahap-tahap diatas. Semoga sedikit pengalaman ini bisa bermanfaat buat anda semua. Selamat berkarya dan lihat juga mengenai cara memperbaiki pompa air mengalir lambat.
Sumber


Blog, Updated at: 08.20
Diberdayakan oleh Blogger.